Pembagian Sertifikat Tanah di DKI Tuntas Tahun Depan

Presiden Joko Widodo menyampaikan kata sambutan pada acara Penyerahan Sertifikat Tanah Untuk Rakyat di kawasan Marunda, Jakarta Utara. Foto: Antara/Dhemas Reviyanto.

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengebut pembagian sertifikat hak atas tanah di wilayah Jakarta. Dia menargetkan seluruh warga Ibu Kota akan memiliki sertifikat tanah pada 2019.

“Tadi Menteri BPN (Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil) menyampaikan di Jakarta ini tinggal sedikit. Jadi tahun depan rampung semuanya. Insyaallah tahun depan kita rampungkan,” kata Jokowi saat sambutan dalam pembagian sertifikat hak atas tanah di Marunda, Jakarta Utara, Rabu, 17 Oktober 2018.

Berdasarkan data BPSN, ada sebanyak 1,6 juta bidang tanah di wilayah DKI Jakarta yang masih butuh sertifikasi. Tahun ini, pemerintah akan mengeluarkan 332 ribu. Sisanya akan dikeluarkan pada 2019.

Baca juga: Jokowi Bagikan 10 Ribu Sertifikat Tanah di Jakut

Dia yakin target itu akan tercapai. Semua itu, kata dia, berkat kerja sama semua pihak, termasuk Gubernur DKI Jakarta.

“Nyatanya kalau kita mau kerja itu juga rampung dan sekarang,” ucap dia.

Pemerintah pusat menerapkan pembagian sertifikat hak atas tanah ini untuk menghindari sengketa tanah. Jokowi mengaku sedih lantaran antarmasyarakat, pemerintah, dan perusahaan swasta kerap berebut masalah tanah.

Dia yakin dengan adanya sertifikat ini perselisihan soal tanah akan hilang. Masyarakat juga bisa menang jika kepemilikan tanahnya digugat ke pengadilan lantaran memegang sertifikat.

“Mau dibawa dengan cara apapun sudah pegang ini enak banget pasti yang mau ngeklaim tanah kita sudah pergi lagi. Enggak berani dia kita tunjukan ini,” pungkas dia.

(HUS)