Petani Tebu akan Berunjuk Rasa di Depan Istana

Ilustrasi: Ribuan Petani Tebu berunjuk rasa di depan Instana Negara, Jakarta Pusat. Foto: MTVN/Ilham Wibowo

Jakarta: Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) akan berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, pada 16-18 Oktober 2018. Mereka menuntut pemerintah menghentikan impor gula. 

“Pagi ini petani tebu unjuk rasa di Istana,” kata Sekretaris Jenderal APTRI Nur Khabsyin kepada Medcom.id, Selasa, 16 Oktober 2018. 

Massa yang akan menjalankan aksi sekitar 300-400 orang. Mereka ingin menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada Presiden Joko Widodo. 

Baca: Bulog tak Mau Timbun Stok Gula Lagi

Perwakilan APTRI PTPN X dan XI Jawa Timur direncanakan mengikuti unjuk rasa ini. Rombobgan berangkat dari Kediri, Jawa Timur dengan menggunakan tiga bus sejak Senin, 15 Oktober 2018.

“Kami tidak membawa banyak orang, hanya perwakilan saja karena kita prihatin gula petani tidak laku, petani tidak ada biaya ke Jakarta,” tukasnya. 

Ada empat tuntutan yang diminta APTRI dalam unjuk rasa kali ini. Tuntutan tersebut antara lain meminta impor gula dihentikan karena stok sudah berlebih, serta membeli gula petani yang tidak laku. Mereka juga menuntut pemerintah menindak tegas pelaku gula berafinasi. 

(AZF)